5 Tips Mendinginkan HP Yang Cepat Panas

5 Tips Mendinginkan HP Yang Cepat Panas - Suhu panas yang muncul ketika kita sering menggunakan smartphone terletak pada CPU-nya. Beberapa aktivitas yang disinyalir dapat membuat ponsel menjadi panas adalah bermain game, browsing, hingga menggunakan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Masih ada banyak faktor lain yang mempengaruhi HP menjadi cepat panas. Oleh sebab itu, kita sebagai pengguna harus menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi HP yang mudah panas ini.
5 Tips Mendinginkan HP Yang Cepat Panas
Jika suhu panas pada ponsel dibiarkan begitu saja, lama kelamaan ponsel akan menjadi rusak. Kerusakan tersebut bisa terjadi pada baterai yang mudah habis karena sering terpapar suhu panas, layar kurang responsif, hingga mesin yang mati karena overheat. Lantas, apa solusi untuk mengatasi smartphone agar tidak panas saat digunakan untuk aktivitas multitasking yang berat tersebut? Nah, berikut Code Sinyal akan berusaha memberikan sobat beberapa tips cara membuat dingin HP yang cepat panas.

5 Tips Mendinginkan HP Yang Cepat Panas

  1. Restart HP
  2. Jika pada saat sobat menutup semua aplikasi yang berjalan di belakang background namun masih tetap HP sobat dalam keadaan panas yang tidak wajar, maka solusinya adalah sobat harus me-restart HP tersebut. Penyebab hal itu karena ada sistem yang error sehingga tidak merespon perintah dari sistem lainnya yang berakibat pada konsumsi daya baterai meningkat dengan begitu cepat sehingga suhu HP cenderung terus memanas. Jika tidak segera dilakukan restart maka HP sobat tidak akan pernah berhenti panas sampai baterai benar-benar habis atau HP berada dalam keadaan mati total. Setelah sobat restart, lalu diamkan HP sobat selama beberapa waktu maka suhu HP sobat akan kembali menjadi normal.
  3. Tutup Semua Aplikasi
  4. Jika setelah sobat restart masih ada aplikasi yang terbuka,berarti sobat harus segera menutup aplikasi tersebut supayaa daya baterai tidak termakan. Jika aplikasi itu masih tetap dibiarkan berjalan maka akan memakan banyak konsumsi daya sehingga HP cepat menjadi panas meski setelah dilakukan restart sekalipun.
  5. Perhatikan Suhu Sekitar
  6. Jika suhu disekitar sobat berada sangat panas, misalnya berada diterik matahari yang menyengat, maka segeralah pindah dari lokasi itu. Carilah lokasi teduh dan sejuk, misalnya berada di bawah pohon yang rindang atau diruang yang ber-AC. Cara ini terbukti sangat efektif dalam menurunkan demam pada HP yang bersuhu panas, bahkan menyebabkan baterai HP menjadi awet.
  7. Diamkan HP
  8. Solusi lain yang bisa sobat terapkan yakni dengan menon-aktifkan HP kemudian didiamkan selama beberapa waktu untuk menurunkan demam pada HP. Jika sudah di rasa suhu kembali normal, maka sobat bisa menghidupkan kembali HP tersebut.
  9. Copot Baterai
  10. Jika kebetulan HP sobat bukan Unibody, maka tentu baterai HP tersebut bisa dilepas dengan mudah. Mengapa harus dicopot? Ada beberapa masalah pada HP ketika sudah dimatikan dan dihidupkan kembali masih saja cepat panas. Hal ini disebabkan karena ada komponen pada hardware yang rusak atau tidak berfungsi dengan semestinya sehingga saat baterai dicopot maka aliran listrik akan berhenti total.

Itulah cara mendinginkan HP yang cepat panas yang bisa sobat terapkan dan cara ini terbukti 100% ampuh. Jika sobat belum percaya silahkan sobat coba sendiri, semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua.