Cara Upgrade Manual Samsung A5 ke Nougat

Cara Upgrade Manual Samsung A5 ke Nougat - Seperti pembahasan tentang cara update Samsung ke Nougat, setelah S7 Edge dan S8 mendapat update ke Nougat giliran Samsung A5 merasakan update terbaru Android 7.0. Firmware Samsung A5 Nougat bisa sobat download tetapi masih baru ROM Rusia dengan kode produk SER. Untuk Indonesia dengan kode produk (XID) atau (XSE) masih belum ada dalam daftar. Sobat bisa upgrade Samsung A5 ke Nougat dengan 3 cara yaitu melalui OTA, melalui Smart Switch, atau dengan upgrade manual Samsung A5 ke Nougat via Odin.
Cara Upgrade Manual Samsung A5 ke Nougat

Di bawah ini sobat bisa ikuti tutorial bagaimana cara upgrade manual Samsung A5 ke Nougat dengan Odin. Untuk link download Firmware Official Samsung A5 Nougat yang versi Indonesia belum keluar secara resmi. Official Samsung A5 pertama kali diluncurkan di Rusia dengan spesifikasi berikut:

Model :SM-A510F

Model Name: Galaxy A5 (2016)

Country: Rusia

Version: Android 7

Product Code: SER

Build Date: 20 Apr 2017

Bagi pengguna Samsung A5 2016 jika ingin upgrade ke Android Nougat maka disarankan untuk menunggu update resmi dari Samsung via OTA (Over-the-Air) yang muncul dipemberitahuan ponsel saat online. Saat ini tidak hanya Indonesia yang belum kebagian Android Nougat di Samsung A5 (2016), negara besar seperti Itali, Spanyol, Inggris, dan Geman belum juga mendapatkan update. Untuk kawasan Asia seperti UEA, Arab, Irak, India juga belum. Jika sudah ada update Nougat yang versi Indonesia, pastikan model name nya SM-A510FZDFXID ditandai dengan 3 huruf terakhir XID yang merupakan kode produk negara Indonesia.

Langkah Upgrade Manual Samsung A5 ke Nougat

  1. Aktifkan terlebih dahulu USB Debugging dan OEM Unlock
  2. Buka Odin di PC
  3. Matikan ponsel A5 (2016) dan masuk ke mode download dengan menekan bersamaan tombol daya, voleme bawah, dan tombol home. Jika ada peringatan warning maka tekan tombol voleme atas dan jika menekan tombol bawah maka ponsel akan restart
  4. Setelah masuk ke mode download , sambungkan ponsel ke PC lewat kabel data
  5. Saat ponsel disambungkan ke PC maka dipojok kanan Odin di ID:COM berubah menjadi warna biru dan pada kotak massage akan muncul tulisan Added berarti driver sudah diinstal. Jika belum maka kalian perlu menginstal driver Samsung.
  6. Centang dan pilih pada AP/PDA selanjutnya pilih firmware Samsung yang ingin diinstal.
  7. Pastikan pada menu option yang tercentang hanya Auto Reboot dan F. Reset Time
  8. Selanjutnya klik Start untuk memulai proses upgrade, tunggu sampai muncul tulisan PASS warna hijau yang menandakan bahwa proses upgrade Samsung A5 (2016) ke Nougat sudah selesai