Cara Root ASUS Zenfone 3 ZE552KL/ZE520KL

Cara Root ASUS Zenfone 3 ZE552KL/ZE520KL - Kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang bagaimana caranya ngeRoot HP ASUS Zenfone 3 ZE552KL/ZE520KL Mungkin udah banyak Tutorial bertebaran di blog tentang cara rooting zenfone 3 jadi kalau kamu kebetulan mampir di blog saya berarti kamu beruntung dapat tutorial dari saya. Tidak sulit untuk melakukannya sobat hanya dituntut memiliki sedikit pengetahuan tentang Android juga sedikit pengetahuan cara menjalankan komputer.
Cara Root ASUS Zenfone 3 ZE552KL/ZE520KL

Sobat hanya cukup mengikuti tutorial ini saja tanpa harus takut gagal dalam melakukan root pada Smartphone ASUS Zenfone 3 ZE552KL/ZE520KL ini. Sebelum memulai tutorial Cara Root ASUS Zenfone 3 ZE552KL/ZE520KL, pastikan data-data yang ada pada Smartphone sobat sudah di backup terlebih dahulu untuk menghindari loss data atau hilangnya data pada saat proses root. Baiklah, berikut tutorial Cara Root ASUS Zenfone 3 ZE552KL/ZE520KL.

Download Bahan Root ASUS Zenfone 3 ZE552KL/ZE520KL

Type Link Download
ADB Fastboot tool
Unlock Bootloader Tool
TWRP z012d=Ze552kl z017d=ze520kl
dot.supersu
superSU

Langkah Root ASUS Zenfone 3 ZE552KL/ZE520KL

  1. Instal ADB Fastboot tool di PC/Notebook tepat di dalam folder Bahan Root
  2. PENTING!file adb.exe, fastboot.exe dan sebagainya berada di dalam folder Bahan Root bukan di folder Minimal ADB and Fastboot
  3. Extract Unlock Bootloader dan Simpan ke Memori Internal Zenfone 3
  4. Instal Unlock Bootloader .apk yang sudah kamu pindahkan tadi (instal seperti biasa dan pastikan Unknown Source sudah aktifkan) → Klik Agree dan Next - Next ajaProses Unlock Bootloader akan berjalan → (Zenfone Akan Restart dengan sendirinya)
  5. PENTING!Melakukan UBL = Menghapus Data Internal, jadi saya sarankan Backup terlebih dahulu data kamu
  6. Setelah sukses UBLAktifkan USB Debugging yang ada pada Developer Option (Tutorialnya disini)
  7. Hubungkan Zenfone 3 ke PC/Notebook kamu.
  8. Di dalam folder Bahan Root ⟶ Silahkan Tahan Shift + Klik Kanan pada mouse ⟶ Pilih Open Command Here (maka akan muncul CMD dengan directory .../.../Bahan Root>_)⟶ Ketik adb devices (pastikan Devices terbaca) → ketik adb reboot bootloader (maka zenfone akan masuk ke bootloader dan berada di fastboot mode)
  9. Setelah masuk ke fastboot mode → silahkan flash file TWRP yang sudah di download sesuai Seri Zenfone 3 mu, Caranya ketik pada cmd adb dengan perintah berikut: fastboot flash recovery namafile
    PENTING!Pastikan nama file nya sama dengan yang kamu download.
    Contoh:
    • fastboot flash recovery twrp-3.0.2-Z012D.img ⟹ untuk ZE552KL
    • fastboot flash recovery twrp-3.0.2-Z017D.img ⟹ untuk ZE520KL
    • "twrp-3.0.2-Z017D.img / twrp-3.0.2-Z012D.img nama file yang ingin di flash"
  10. Setelah selesai ⟶ ketik fastboot reboot reboot ⟶ tekan volume up ⟶ pilih recovery
  11. "Ulangi tahap ini sampai kamu bisa masuk ke mode Recovery / TWRP"
  12. Setelah masuk ke TWRP ⟶ Pilih Keep Read Only ⟶ pilih AdvancedADB SideloadSwipe to Start ADB Sideload (Geser aja untuk jalankan ADB Sideloadnya)
  13. Saat sudah masuk ADB SideloadLepas dan Hubungkan lagi Zenfone ke PC/Notebook (lewati tahap ini jika Zenfone tetap terbaca di cmd adb) ⟶ Buka lagi CMD ADB tools seperti tutor ke 6 ⟶ ketik adb devices ⟶ jika devices sideload terbaca ⟶ ketik adb push dot.supersu/data/.supersu (jika error ulangi lagi, sampai ada tulisan android debug bridge version)
  14. Setelah berhasil ⟶ Flash superSU.zip (nama file superSU ini sesuai dengan nama file superSU yang kamu download di atas) ⤍ tunggu sampai selesai ⟶ Cara flash nya ketikan perintah berikut pada CMD ADB: adb sideload namafile.zip
    Contoh:
    • adb sideload UPDATE-SuperSU-V2.46.zip
    • "Pastikan sesuai dengan nama file SuperSU kamu"
  15. Setelah Selesai ⟶ Pilih Reboot System ⟶ Zenfone akan reboot / restart dan kembali ke home screen
  16. Selamat Zenfone 3 Kamu sudah berhasil Rooted, silahkan di ceck mengunakan aplikasi Root Checker

Jika Sudah berhasil di ROOT, Saran saya jangan pernah update firmware sebelum kamu UNROOT terlebih dahulu.