Cara Upgrade Android 7 Nougat Samsung Galaxy A3 2016 [A310F]

Cara Upgrade Android 7 Nougat Samsung Galaxy A3 2016 [A310F] - Samsung Galaxy A3 2016 [A310F] sekarang menerima Update Android 7.0 Nougat. Meskipun smartphone telah diganti dengan seri 2017, Samsung masih terus melakukan upgrade untuk ponsel ini, ponsel tersebut sebelumnya mengusung Android 6.0 Marshmallow. Android 7.0 Nougat menghadirkan UI yang lebih baru dan lebih halus bersama dengan aplikasi yang diperbarui. Selain itu, samsung telah mengubaj aplikasi bawaannya sendiri seperti Kamera dan banyak lagi. Sobat bisa menggunakan firmware Android 7.0 Nougat tepat di smartphone Samsung Galaxy A3 (2016) dengan membaca panduan tutorial berikut.
Cara Upgrade Android 7 Nougat Samsung Galaxy A3 2016 [A310F]

Untuk prosedur penginstalan, pertama-tama sobat harus memeriksa dengan sistem pembaruan Samsung OTA (Over-the-air) atau Samsung Smart Switch / Samsung KIES untuk melihat apakah pembaruan Android 7 ada. Jika tidak ada atay sobat menjalankan sistem yang sudah di modifikasi, sobat dapat menerapkan proses manual yang dengan cara flashing via odin.

Sebelum sobat melakukan flashing, sobat harus mempersiapkan bahan-bahan yang di perlukan yaitu seperti Odin3, Samsung USB Driver dan juga Firmware Official yang harus sesuai dengan tipe Samsung Galaxy A3 SM-A310F. Silahkan download bahan-bahan dibawah ini dan ikuti langkah demi langkah cara flashing samsung galaxy a3 sobat.

Download Bahan Flashing Samsung Galaxy A3 2016

Type Link Download
Samsung USB Driver
Odin3_v3.10.7.zip
Firmware Samsung Galaxy A3 SM-A310F Nougat

Langkah Flashing Samsung Galaxy A3 2016

  1. Ekstrak Samsung USB Driver kemudian install di komputer atau laptop
  2. Ekstrak juga Odin dan Firmware Samsung Galaxy A3 yang telah di download
  3. Matikan Samsung Galaxy A3 (untuk memastikan dalam keadaan mati, diamkan dulu kurang lebih sekitar enam detik)
  4. Kemudian masuk kemenu download dengan cara menekan tombol Volume Down + Home + Power secara bersamaan sampai keluar tulisan Warning!
  5. Selanjutnya tekan Volume Up untuk memilih Continue dan otomatis akan masuk kemenu Download Samsung Galaxy A3
  6. Sekarang hubungkan Samsung Galaxy A3 sobat ke komputer atau laptop menggunakan Kabel USB
  7. Kemudian Buka Odin
  8. Selanjutnya pastikan Samsung Galaxy A3 sobat terdeteksi Odin3 dengan keluar warna hijau dan ada tulisan ID:COM di software Odin3
  9. Kemudian klik AP/PDA dan cari firmware Samsung Galaxy A3 yang telah di ekstrak tadi, klik saja 2x di firmware tersebut dan otomatis firmware akan termuat ke Odin3
  10. Selanjutnya klik Start di software Odin3 dan proses flashing akan otomatis berjalan, tunggu sampai selesai.
  11. Apabila proses flashing Samsung Galaxy A3 sudah selesai akan keluar tulisan PASS! berwarna hijau dan itu tandanya proses flashing telah selesai.

Proses Flashing akan berjalan kurang lebih 10 sampai 15 menit tergantung kapasitas besar kecilnya firmware yang telah di download. Setelah selesai Smartphone Samsung Galaxy A3 sobat akan melakukan restart dengan otomatis dan dengan firmware yang baru. demikan panduan flashing samsung galaxy a3 semoga sobat semua dapat melakukannya dengan mudah, jika ada pertanyaan silahkan komentar di kolom bawah ini. Terima Kasih.