Cara Root Xiaomi Mi A1 Tanpa TWRP 100% Sukses

Cara Root Xiaomi Mi A1 Tanpa TWRP 100% Sukses - Salah satu kendala utama dari tutorial mod buat sebuah Smartphone Xiaomi yang baru saja diluncurkan ialah minimnya tutorial. Wajar karena masih baru. Namun setidaknya untuk saat ini sudah ada tutorial cara root superSU tanpa menggunakan TWRP Recovery. Caranya juga terbilang sangat mudah dan masih work pada patch update bulan September dan pasti akan terus diperbarui jika nanti ke depannya akan ada update dari developer.
Cara Root Xiaomi Mi A1 Tanpa TWRP 100% Sukses
Sama seperti pada Smartphone Xiaomi pada umumnya, untuk bisa menginstall atau melakukan rooting, maka pastikan dulu Xiaomi Mi A1 sobat sudah dalam keadaan unlock bootloader dan cara tersebut bisa terbilang sangat mudah dan bisa sobat lihat melalui artikel saya kemaren yang berjudul Cara Unlock Bootloader Xiaomi Mi A1 dengan Sangat Mudah. Jika sobat sudah melakukan Unlock Bootloader ikuti langkah selanjutnya dibawah ini.

Download Bahan Rooting Xiaomi Mi A1

Type Link Download
SuperSU untuk Xiaomi Mi A1
Kabel USB Type-C
    DOWNLOAD

Langkah Rooting Xiaomi Mi A1

  1. Download file root di atas kemudian ekstrak
  2. Setelah itu, di smartphone Xiaomi Mi A1, buka Settings > About Phone > kemudian tekan sebanyak tujuh kali di bagian 'Build Number' sehingga developer option akan aktif
  3. Kembali lagi ke Settings, kali ini buka 'Developer Option' dan ceklis 'USB Debugging'
  4. Matikan Xiaomi Mi A1 sobat lalu masuk ke Mode Fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan
  5. Setelah berhasil masuk Mode Fastboot, sambungkan Mi A1 ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB Type-C
  6. Jalankan root.bat yang ada di dalam folder hasil ekstrak tadi
  7. Nanti secara otomatis akan melakukan rooting pada Xiaomi Mi A1 sobat
  8. Jika sudah selesai silahkan reboot smartphone sobat

Salah satu kelemahan dari melakukan root pada Xiaomi Mi A1 adalah sobat tidak bisa mendapatkan notifikasi update rom dari Google, selain itu jika sobat paksakan menginstallnya maka akan terjadi bootloop. Namun jangan khawatir, sobat tetap bisa menginstall update OTA dari Google dengan cara melakukan unroot terlebih dahulu kemudian install OTA Google kemudian root kembali.